27 November 2011

Printer Epson "Ink Cartrdige Cannot Be Recognized"

"Ink Cartridige Cannot Be Recognized" kemudian lampu resume (berwarna merah) printer blinking, printer tidak bisa digunakan, "Printer masih baru, tinta masih banyak, kok error wah.... penipuan nih ..... grrrrrrrr" (kemarahan memuncak)

Ya itulah gambaran kekesalan para pengguna printer modifikasi / infus khususnya merk epson.
Sebenarnya error massage ini "normal" saja, ini dikarenakan secara sistem printer mengenali tinta sudah habis sehingga printer memberikan signal  (error message) "Cartridge Sudah Tidak Dikenali" atau alias sudah harus ganti.

Tapi bukannya tinta saya masih banyak ?
Secara sistem, printer tidak mengenali tinta yang ada pada tabung infus (diluar printer) melainkan "data estimasi" tinta yang di "tulis" pada chip, sehingga ketika chip sudah menginformasikan bahwa tinta habis (secara data) maka printer akan memberikan signal "Cartridge Sudah Tidak Dikenali"

Apakah dengan demikian saya harus ganti cartrdige ?
Jika printer tidak dimodifikasi, maka itulah yang harus dilakukan. Tetapi jika printer telah dimodifikasi maka yang perlu dilakukan adalah reset kembali chip anda.
Caranya :
1. Tekan Tombol resume pada printer 1 kali hingga cartridge bergerak ke posisi pergantian cartridge (cartridge replacement position)
2. Jika tipe chip yang anda gunakan adalah yang memiliki tombol / switch reset, maka tekanlah switch tersebut 3 kali.
3. Jika menggunakan yang tanpa switch maka anda perlu melepaskan / mengangkat cartridge dari printhead yang kemudian pasangkan kembali. Lakukan ini pada setiap cartridge yang diindikasikan habis oleh printer.
3. Setelah melakukan langkah ke-2 dan ke-3, tekan kembali tombol resume pada printer agar printer melakukan initial ulang cartridge.

Jika langkah diatas telah dilakukan dan masih mengalami error semacam ini, coba ulangi langkah tersebut 1-2 kali lagi jika tidak berhasil, coba hubungi teknisi anda untuk mengganti chip cartridge.

Demikan tips Kali ini , selamat mencoba & semoga membantu.

Regard's
Universal team

Tidak ada komentar:

Posting Komentar