27 November 2011

Error E-05 "Cartrdige Not Recognized"

Terkadang print modifikasi mengalami hal ini, ini bisa dikarenakan circuit cartridge yang memang rusak / mati atau karena instalasi yang kurang sempurna.



Untuk memastikannya coba lepaskan infus dari cartridge (lepaskan seluruhnya termnasuk karet dan knee), setlah itu pasangkan kembali ke printer, jika printer tidak berhasil mengenali cartridge (tetap error), berarti circuit cartridge bermasalah jika berhasil dikenali berarti instalasi yang kurang sempurna.

Untuk kasus 1, circuit cartridge yang bermasalah
Solusinya :
1. Bersihkan circuit cartridge dengan tissue kering, pastikan tidak ada bekas noda tinta pada bagian tersebut. Jika ditemukan sisa tinta boleh di bersihkan dengan tissue yang dibasahi dengan alcohol 70%.
2. Bersihkan juga connector circuit pada bagian printer, gunakan tissue kering, jika ada noda tinta, bisa menggunakan tissue beralcohol seperti langkah 1 tetapi jgn lupa kabel power printer di cabut terlebih dahulu.
3. Setelah semua sudah dibersihkan coba pasangkan cartridge kembali, jika sudah berhasil dikenali, pasang kembali perlengkapan infusnya, jika tetap error berarti circuit sudah rusak dan perlu diganti.

Untuk Kasus 2, instalasi tidak sempurna.
Solusinya :
1. Perhatikan bagian penutup cartridge pada printer, biasanya bagian knee untuk warna merah (diatas) akan mengganjal penutup cartridge, akibatnya circuit cartridge tidak bisa menempel secara sempurna.
2. Lepaskan penahan cartridge pada penutup cartridge (yang berwana gading / putih) kemudian buatlah coakan / celah tepat bagian yang bertemu dengan knee merah pada cartridge.
3. Setelah selesai membuat celah tersebut pasangkan kembali perlengkapan infus pada cartrige kemudian dicoba kembali.



Demikian tips kali ini semoga bermanfaat.

Regard's
Universal Team

Tidak ada komentar:

Posting Komentar